Keutamaah Melaksanakan Sholat Sunnah Dhuha Bagi Ummat Islam

Updated: Feb 14

Keutamaan melaksanakan ibadah-ibadah khususnya sholat dalam agama islam, tentunya memiliki banyak keutamaan yang akan didapatkan oleh pelaksananya. Baik itu sholat sunnah terlebih lagi sholat wajib lima waktu. Salah satunya adalah sholat sunnah dhuha yang masuk kedalam kategori sholat sunnah.

Sholat sunnah dhuha merupakan sholat yang dilaksanakn dengan minimal dua rokaat, pada umumnya dilaksanakan dengan dua rokaat salam. Sholat dhuha yaitu sholat selain sholat wajib lima waktu yang harus dilaksanakan, melainkan boleh dilakukan atau boleh tidak dilakukan.



Meskipun termasuk ke dalam kategori ibadah yang sunnah, akan tetapi sholat dhuha memiliki banyak keutamaan yang akan didapatkan oleh siapapun yang menuanikannya. Sholat sunnah dhuha juga memiliki banyak manfaat dan keutamaan, kepada mereka orang muslim yang rutin menunaikan sholat sunnah ini.


Selain memiliki keutamaan yang besar ibadah ini dikenal sebagai sholat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah SWT. Setelah bekerja mencari rizqi dengan cara yang baik dan halal, dibersamai dengan melaksanakan ibadah ini. Memohon kepada Allah Ta'ala untuk memberikan rizqi kepada kita. Berikut merupakan keutamaan-keutamaan menunaikan ibadah sholat sunnah dhuha.


Keutamaan Menunaikan Sholat Sunnah Dhuha


1. Sebagai Pengganti Sedekahnya Seluruh Persendian Tubuh Kita


Melaksanakan ibadah sholat sunnah dhuha dapat menggantikan sedekahnya setiap persendian kita.


Hal ini sesuai dengan Hadist dari Abu Dzar, yang menjelaskan bawa pada pagi hari seluruh persendian untuk bersedekah. Bersedekah dengan bacaan tasbih, tahmid ataupun tahlil dapat dikatakan sebagai sedekah. Ataupun mengajak kepada ketaatan dan melarang dari kemungkaran juga termasuk sedekahnya. Semuanya itu dapat digantikan dengan melaksanakan sholat sunnah dhyha 2 rokaat. Dalam ( HR. Muslim no 720 ) kesimpulan.


Dalam hadist lain dikatakan bahwa persendian masnusia terdiri atas 360 persendian, dengan seluruh bagian satau tubuh. Bahkan hadist tersebut sudah terbukti didalam dunia medis bahwa persendian manusia terdapat 360 persendian, ( HR no 1007 ) kesimpulan.


Dengan melaksanakan ibadah dhuha ini maka akan tergantikan semua sedekah diatas.


2. Dicukupi Urusannua Di Akhir Siang.


Allah Ta'ala adalah sebaik-baiknya pemberi pertolongan kepada makhluk ciptaan-Nya. Tak luput juga semua rizqi yang di peroleh semua makhluk-Nya di alam semesta. Semua diberikan oleh Allah SWT melalui usaha yang diakukan makhluk dan dipastikan tidak akan kurang ataupun lebih, tertukar ataupun terlewati.


Seperti dalam ( HR. Ahmad 5/286 ) yang kurang lebih kesimpulannya. Bahwa Allah SWT memerintahkan kepada manusia untuk tidak meninggalkan empat rakaat sholat diawal siang atau diwaktu dhuha. Karena akan mencukupi manusia di akhir siangnya.


3. Memperoleh Pahala Ibadah Haji Dan Umrah.


Keutamaan melaksanakan ibadah sholat sunnah dhuha yang ketiga yaitu, akan memperoleh pahala seperti menunaikan ibadah haji dan umroh.


Seperti dalam hadist yang kurang lebih kesimpulannya sebagai berikut ( HR Tirmidzi no 586 ) dari Anas Bin Malik bahwa Rasululloh SAW bersabda. Barangsiapa melaksanakan sholat subuh berjamaah dilanjutkan duduk dan berzikir hingga matahari terbit, kemudian melaksanakan sholat dua rokaat maka seperti memperoleh pahala aji dan umroh.



Wallahua’lam bi shawab

#islam #sholatdhuha #sholat #sholatsunnah


Layanan kami :


Travel Umroh Terbaik

Paket Umroh Murah

Biaya Umroh Murah

2 views